Monday 2 December 2013

Olahraga otak


Dunia kerja selalu mengutamakan kreativitas dan dinamika cara berpikir seseorang. Karena itu dibutuhkan kondisi otak yang selalu ‘bugar’ dan siap beraktivitas dengan maksimal.

    Di tengah persaingan kerja yang ketat, performa atau kemampuan kognitif menjadi salah satu kunci kesuksesan seseorang. Berdasarkan penelitian bertahun-tahun dari Cerebos, kesehatan dan kebugaran otak ternyata memiliki peran yang begitu penting agar seseorang dapat menunjukkan peran kognitifnya.


   Otak akan terus berkembang dan beradaptasi dengan rangsangan yang diterima sepanjang hidup manusia. Semakin rajin Anda merawat otak, maka kemampuan berpikir pun akan semakin baik. Bagi  Anda yang terbiasa mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus, tentu pernah mengalami kesulitan fokus pada satu pekerjaan dan pikiran yang sering teralihkan. Karena itu, Anda harus melatih otak agar selalu dapat berpikir tajam dan bisa mencapai apa yang Anda inginkan dengan hasil maksimal.

Maka, cobalah beberapa olahraga otak berikut  ini :

1.    Baca buku yang bagus.
     Membaca buku dapat merangsang imajinasi Anda. Otak akan memberikan gambaran terhadap apa yang Anda baca.

2.    Istirahat yang cukup.
     Kurang tidur dapat mengganggu kemampuan Anda untuk mengasimilasi informasi baru. Otak Anda butuh istirahat untuk beroperasi pada performa puncaknya.

3.    Berolahraga secara teratur.
     Latihan kardiovaskular akan meningkatkan aliran darah ke otak yang bisa meningkatkan fungsi otak. Satu studi menemukan bahwa latihan fisik berguna untuk meningkatkan volume otak.

4.    Sarapan yang bergizi.
     Konsumsi protein tinggi dan karbohidrat di pagi hari tidak akan mengakibatkan kegemukan, kok. Cobalah menu beberapa potong roti gandum dan selai kacang. Telur juga merupakan sumber protein yang sangat baik. Selain itu, kacang-kacangan, susu, dan buah segar juga merupakan asupan yang baik untuk otak Anda.

5.    Berpikirlah positif.
       Berpikir positif meningkatkan efektifitas otak dan membantu untuk menghindari hal-hal yang bersifat depresi.

6.    Merubah rutinitas
     Mencoba rutinitas yang baru akan membuat otak Anda ‘tertantang’. Hal ini akan mendorong Anda untuk berpikir lebih keras dari biasanya dan tidak bergerak berdasarkan ‘auto-pilot’ saja.

7.    Berhenti menonton televisi terlalu lama.
     Terlalu banyak menonton televisi bisa membuat otak menjadi malas. Menonton TV selama lima jam sehari membuat otak terbiasa menerima informasi secara pasif.

8.    Jauhi gadget.
     Jangan malas berhitung dengan otak Anda dan coba jauhi kalkulator. Begitu pula ketika mencari sebuah alamat baru. Jangan terlalu mengandalkan GPS. Cobalah mengerahkan kemampuan otak Anda untuk secara efektif membaca peta dan bernavigasi.

9.    Mempelajari bahasa lain.
     Mempelajari bahasa baru adalah cara yang ampuh untuk memberikan peregangan pikiran. Memang, Anda akan menemui kesulitan. Tapi sesuatu yang sulit akan memberikan dampak yang baik untuk otak Anda. 

10.    Perbanyak kosa kata Anda.
      Putuskan untuk belajar satu kata baru sehari. Ada beberapa situs yang dapat membantu Anda dalam usaha ini.  Bukan hanya akan memperluas pikiran dan meningkatkan rasa percaya diri, tapi kemampuan komunikasi Anda pun akan melesat.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Labels